Breaking News:

Pemilu Tahun 2024

Sukseskan Pemilu Serentak 2024, Badan Kesbangpol Aceh Gelar Pendidikan Politik di Bener Meriah 

Badan Kesatuan Bangsa dan Politik ( Badan Kesbangpol) Provinsi Aceh mengelar  kegiatan pendidikan politik bagi masyarakat di Bener Meriah, berlangsung

Penulis: Fikar W Eda | Editor: Jafaruddin
For Tribungayo.com
Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Badan Kesbangpol) Provinsi Aceh mengelar kegiatan pendidikan politik bagi masyarakat di Bener Meriah, berlangsung 23-26 Agustus 2022. 

Laporan Fikar W.Eda/Bener Meriah


TRIBUNGAYO.COM, REDELONG - Badan Kesatuan Bangsa dan Politik ( Badan Kesbangpol) Provinsi Aceh mengelar  kegiatan pendidikan politik bagi masyarakat di Bener Meriah, berlangsung 23-26 Agustus 2022.

Kegiatan ini dimaksudkan untuk menyukseskan pelaksanaan Pemilu serentak 2024.

Untuk kegiatan di Kabupaten Bener Meriah acara dibuka Plt Sekda Bener Meriah Armansyah, SE, MSi bertempat di aula Setdakab Bener Meriah, Selasa (23/8/2022).

Kepala Badan Kesbangpol Aceh Drs Mahdi Efendi diwakili Kepala Bidang Politik Dalam Negeri Drs Arsyi MSi menyampaikan,  pendidikan politik memiliki arti yaitu sebuah cara yang sistematis untuk mengubah sesuatu yang ada kaitannya dengan perjuangan dalam berpolitik.

Baca juga: Cegah Terjadi Pelanggaran Pemilu, Bawaslu Provinsi dan Daerah Diintruksikan Bangun Posko Pengaduan


Cara tersebut ditujukan  pada masyarakat agar mereka paham betul peran fungsi dan hak beserta kewajibannya selaku warga negara.

Sehingga mereka memahami dan menghayati  betul nilai-nilai yang terkandung dalam sistem politik  ideal yang hendak dibangun.

Berdasarkan Undang-undang nomor 2 Tahun 2011 tentang partai politik menjelaskan bahwa 

“Pendidikan politik adalah proses pembelajaran dan pemahaman tentang hak, kewajiban dan  tanggung jawab setiap warga negara  dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Baca juga: Pendaftaran Partai Politik Dibuka, KIP Aceh Tengah Bentuk Tim Verifikasi

"Pendidikan politik kepada masyarakat bukanlah  sepenuhnya tanggung jawab pemerintah saja, tetapi merupakan tanggung jawab partai politik juga," katanya.

Dengan adanya dana bantuan keuangan yang diberikan oleh pemerintah  kepada partai politik yang  mendapat kursi di  DPRK,  diharapkan agar diprioritaskan untuk pendidikan kader partai.

"Harapan kami semoga bantuan keuangan kepada partai politik bisa dimanfaatkan lebih optimal," ujarnya.

Kegiatan pendidikan politik yang dilaksanakan  Badan Kesatuan bangsa dan politik (Kesbangpol ) Aceh bekerjasama dengan  Kesbangpol Bener Meriah.

Halaman
12
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved