Mata Lokal Memilih

Panwaslih Serahkan Data Ganda Keanggotaan Parpol ke KIP Gayo Lues

"Data ini didapatkan dari hasil pencermatan yang dilakukan oleh tim Panwaslih Kabupaten Galus,  melalui akun sipol yang diberi akses oleh Bawaslu

Penulis: Rasidan | Editor: Rizwan
Dok. Panwaslih Gayo Lues
Koordinator Divisi Hukum, Penanganan  Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa Panwaslih Galus, Ali Nurdin menyerang data dugaan ganda keanggotaan Parpol ke Komisioner KIP Galus, Rabu (7/9/2022). 

Laporan Rasidan I Gayo Lues

TRIBUNGAYO.COM, GAYO LUES - Panitia Pengawas Pemilihan (Panwaslih) Kabupaten Gayo Lues (Galus) menyerahkan dugaan data ganda keanggotaan partai politik (Parpol) peserta pemilu 2024.

Penyerahan dilakukan kepada Komisi Independen Pemilihan (KIP) kabupaten Galus.

Data yang diserahkan itu merupakan hasil pencermatan akun Sipol Bawaslu.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Tribun Gayo.com, Rabu (7/9/2022), data dugaan ganda keanggotaan Parpol peserta Pemilu di kabupaten itu terdiri dari  27 partai politik.

Baik Parpol  nasional maupun lokal yang berkas pendaftarannya dinyatakan lengkap dan diterima, serta keanggotaannya tercatat di Kabupaten Gayo Lues.

Data tersebut diserahkan langsung oleh komisioner Panwaslih Galus, Ali Nurdin kepada salah satu anggota komisioner KIP Galus, Ika Anggraeni.

Berkas tersebut disampaikan sebagai bahan masukan dalam proses verifikasi administrasi yang dilakukan oleh KIP tersebut.

Baca juga: Demo Mahasiswa Tolak Kenaikan Harga BBM di Gayo Lues, Kapolres dan Wabup Ikut Mengawal

Baca juga: Cuaca Gayo Lues, Rata-Rata Cerah Berawan Tapi Waspadai Hujan Ringan

"Data ini didapatkan dari hasil pencermatan yang dilakukan oleh tim Panwaslih Kabupaten Galus,  melalui akun sipol yang diberi akses oleh Bawaslu.

Setelah mencermati dan mengindentifikasi potensi dugaan data ganda anggota partai semaksimal mungkin, di samping pengawasan pelaksanaan verifikasi administrasi di kantor KIP," kata Koordinator  Divisi Hukum, Penanganan Pelanggaran  dan Penyelesaian Sengketa Panwaslih Galus, Ali Nurdin, kepada TribunGayo.com, Rabu (7/9/2022).

Ia mengatakan, adapun tahapan verifikasi administrasi yang berlangsung sejak 16 hingga 29 Agustus di KIP tersebut.

Hal itu  dilakukan untuk melihat kesesuaian dan mencocokkan data kepengurusan dan keanggotaan yang di upload ke Sipol oleh pengurus partai politik peserta Pemilu serentak di kabupaten itu.

Ali Nurdin menyebutkan,  pengawasan itu dilakukan melalui pencermatan sipol dimaksud untuk mengindentifikasi potensi data ganda keanggotaan parpol baik internal maupun antar parpol.

Sehubungan dengan berlangsungnya tahapan dan proses verifikasi adminitrasi persyaratan parpol calon peserta Pemilu tahun 2024 yang dilakukan oleh KIP tersebut.

"Diharapkan kepada KIP dan Partai politik dalam menjalankan tugas dan fungsinya untuk senantiasa memperhatikan ketentuan yang terdapat pada  Peraturan KPU Nomor 4 Tahun 2022. Selain itu juga dalam tahapan verifikasi maupun administrasi," sebutnya.(*)

Baca juga: Wisata Gayo Lues Rain Forest Lodges Kedah Bunglow di Kaki Gunung Leuser Tersedia Penginapan Murah

Baca juga: Hadiah Pacuan Kuda Tradisional di Gayo Lues Rp 264 Juta, Pordasi Ajak Peserta 6 Kabupaten Mendaftar

  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved