Berita Aceh

Koordinator Kopertais V Aceh Orasi Ilmiah Saat Wisuda 106 Polisi di STAI Jamiatut Tarbiyah Lhoksukon

Prosesi wisuda itu berlangsung dalam rapat senat terbuka yang dipimpin Ketua STAI, Tgk Fauzan SPdI MA, di Hotel Lido Graha Lhokseumawe.

Editor: Jafaruddin
For Tribungayo.com
Koordinator Kopertais Wilayah V Aceh, Prof Dr Mujiburrahman MAg, yang juga Rektor UIN Ar-Raniry Banda Aceh, menyampaikan orasi ilmiah dalam wisuda STAI Jamiatut Tarbiyah Lhoksukon, Aceh Utara, Sabtu (17/9/2022) di Hotel Lido Graha Lhokseumawe. 

TRIBUNGAYO.COM,ACEH UTARA – Dari 153 lulusan strata satu (S1) angkatan V, Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Jamiatut Tarbiyah Lhoksukon, Aceh Utara yang diwisuda Sabtu (17/9/2022), 106 di antaranya adalah polisi.

Prosesi wisuda itu berlangsung dalam rapat senat terbuka yang dipimpin Ketua STAI, Tgk Fauzan SPdI MA, di Hotel Lido Graha Lhokseumawe. Mereka adalah personel Polres Aceh Timur.

Hadir dalam wisuda itu, Ketua Yayasan Jamiatut Tarbiyah, Zakaria MA dan Sekretaris Yayasan, Drs Zainuddin Yusuf MPd, bersama pengurus yayasan lainnya.

Wisuda tersebut juga dirangkai dengan orasi ilmiah Koordinator Koordinasi Perguruan Tinggi Agama Islam (Kopertais)  Wilayah V Aceh, Prof Dr Mujiburrahman MAg, yang juga Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh.

Ketua Panitia Wisuda Angkatan V, STAI Jamiatut Tarbiyah Lhoksukon Nuryaumin KS SPdI MA, kepada TribunGayo.com, menyebutkan masing-masing lulusan yang diwisuda kali ini dari Prodi Hukum Ekonomi Syariah (HES), 136 lulusan.

Baca juga: Mahasiswa dari Sejumlah Kampus di Indonesia Magang di Disdukcapil Aceh Tengah

Lalu dari prodi Manajemen Pendidikan Islam (MPI) 11 lulusan. Sisanya Prodi Pendidikan Agama Islam (PAI), 6 lulusan.

Dari 136 lulusan prodi HES, 106 di antaranya adalah personel dari Polres Aceh Timur dan jajarannya.

Dominannya adalah personel berpangkat bintara, lalu personel berpangkat bintara tingggi, bahkan ada yang sudah berpangkat perwira yang menduduki jabatan strategis.

Program kuliah polisi tersebut, tindaklanjut dari kerjasama STAI dengan Polres Aceh Timur pada 28 Juni 2019.

Program tersebut diprakarsai Kombes Wahyu Kuncoro SIK MH, Irwasda Polda Sumatera Utara, yang sebelumnya menjabat Kapolres Aceh Timur.

Baca juga: 26 Mahasiswa UIN Sumatera Utara Akhiri KKN di Dataran Tinggi Gayo dengan Seminar Cegah Stunting

“Sisanya lulusan yang diwisuda itu berasal dari berbagai kalangan masyarakat dan pemerintahan,” pungkas Ketua Panitia Wisuda.

Sementara itu Ketua STAI Jamiatut Tarbiyah Lhoksukon Tgk Fauzan dalam pidatonya menyampaikan, ke depan STAI terus berupaya untuk meningkatkan kualitas dosen dengan mencari bantuan beasiswa, sehingga para dosen dapat melanjutkan pendidikan doktoral.

Kemudian peningkatan sarana, untuk meningkatkan kompetensi lulusan. Lalu peningkatan selanjutnya, akreditasi prodi dan lembaga.

“Kita juga akan melaksanakan sinergisitas program kita dengan program Kementerian Agama,” ujar Tgk Fauzan.

Halaman
12
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved