Berita Aceh Tengah

Kecamatan Bintang Gelar Bintang Fair Untuk Lestarikan Budaya Gayo

Pemerintahan Bintang mengadakan acara Bintang Fair dengan tema "Lestari Budaya ku, Maju Wistaku, Bangkit Bintangku". 

Penulis: Romadani | Editor: Jafaruddin
For Tribungayo.com
Pemerintah Kecamatan Bintang mengadakan kegiatan Bintang Fair selama dua hari mulai 26 sampai 27 November 2022. 

Laporan Romadani | Aceh Tengah 

TRIBUNGAYO.COM, TAKENGON - Pemerintahan Bintang mengadakan acara Bintang Fair dengan tema "Lestari Budaya ku, Maju Wistaku, Bangkit Bintangku". 

Kegiatan tersebut berlangsung selama dua hari dimulai sejak 26 sampai dengan 27 November 2022 bertempat di Bintang Resort Pante Menye. 

Camat Bintang Erfan Julianto mengatakan kegiatan Bintang Fair bertujuan untuk melestarikan kesenian dan masakan khas Gayo.

"Ada dua kegiatan yang dilaksanakan, yang pertama kuliner khas Gayo dan lomba didong antar desa dengan batasan umur (peserta) yang telah ditetapkan," ujar Camat Bintang, Erfan Julianto, Minggu (27/11/2022)

Camat Bintang menjelaskan terkait batasan umur lomba didong itu untuk menciptakan, mewujudkan dan juga memunculkan kader-kader baru, kader-kader ceh didong yang ada di kecamatan Bintang. 

Baca juga: Ini 5 Kuliner Khas Bener Meriah yang Wajib Anda Cicipi

Baca juga: Enam Hidangan Khas Gayo Tanpa Minyak dan Santan yang Wajib Anda Coba

Erfan menambahkan kegiatan itu baru pertama kali dilaksanakan di kecamatan Bintang. Untuk itu ia berharap kegiatan tersebut nanti lebih dapat ditingkatkan lagi dengan berbagai lomba

"Baik itu lomba seni budaya di bidang pendidikan juga bisa dikolaborasikan dengan lomba perahu atau lomba pacu kuda jika memungkinkan nanti pada tahun 2023 mendatang," kata Erfan. 

Staf Ahli Bidang Keistimewaan Aceh, Kemasyarakatan, dan SDM Ir Khaidir, MM menyampaikan apresiasi atas inisiatif jajaran Kecamatan bintang beserta segenap panitia.

"Kami menilai kegiatan seperti ini merupakan kepedulian bersama untuk menjaga dan melestarikan nilai-nilai budaya dan adat istiadat di tengah kemajuan teknologi informasi yang terus berkembang," ujarnya. (*)

Baca juga: Disbudpar Kenalkan Kesenian Gayo Lewat Festival Etnis Alas Gayo

 

Update berita lainnya di TribunGayo.com dan GoogleNews

  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved