Piala Dunia 2022

Jelang Final Piala Dunia 2022, Tercatat Kylian Mbappe Tak Pernah Kalah Lawan Lionel Messi

Mbappe dan Messi saat ini bersaing di puncak daftar top skor Piala Dunia 2022 dengan catatan masing-masing mencetak lima gol.

Editor: Bagus Setiawan

TRIBUNGAYO.COM - Dua pemain andalan Paris Saint-Germain (PSG) Kylian Mbappe (Perancis) dan Lionel Messi (Argentina) t

Laga final Piala Dunia 2022 yang mempertemukan Argentina vs Perancis yang akan dilangsungkan di Lusail Stadium, Doha, Qatar, pada Minggu (18/12/2022) malam WIB.

Pertemuan antara Kylian Mbappe dan Lionel Messi akan menjadi sorotan karena keduanya merupakan pilar penting bagi masing-masing tim.

Mbappe dan Messi saat ini bersaing di puncak daftar top skor Piala Dunia 2022 dengan catatan masing-masing mencetak lima gol.

Messi untuk sementara berhak menempati puncak daftar top skor Piala Dunia 2022 berkat tambahan tiga assist dari total enam penampilan.

Dikutip dari FIFA, faktor pemisah pertama atau tiebreaker posisi top skor Piala Dunia 2022 jika dua pemain memiliki jumlah gol identik adalah assist.

Jika assist belum bisa menentukan, tiebreaker selanjutnya adalah rata-rata gol per menit.

Terkait tiebreaker kedua itu, Mbappe unggul dengan catatan satu gol per 95 menit berbanding 114 menit per gol milik Lionel Messi.

Sebelum final Piala Dunia 2022, Lionel Messi dan Mbappe ternyata sudah pernah berduel tiga kali di level klub maupun timnas.

Hasilnya, Mbappe tercatat tidak pernah kalah dari Messi dengan catatan meraih dua kemenangan dan sekali imbang.

Messi cetak gol
Lionel Messi merayakan gol pertamanya dari titik penalti pada pertandingan semifinal Piala Dunia Qatar 2022 antara Argentina dan Kroasia di Stadion Lusail di Lusail, utara Doha pada 13 Desember 2022. (JACK GUEZ / AFP)
Kylian Mbappe selebrasi setelah mencetak gol
Penyerang Perancis Kylian Mbappe merayakan setelah mencetak gol pada pertandingan sepak bola Grup D Piala Dunia 2022 Qatar antara Perancis dan Australia di Stadion Al-Janoub di Al-Wakrah, selatan Doha pada 22 November 2022. (Chandan KHANNA / AFP)

Pertemuan pertama Mbappe dan Messi terjadi ketika Perancis menghadapi Argentina pada 16 besar Piala Dunia 2018 empat tahun lalu.

Mbappe ketika itu keluar sebagai pemain terbaik karena sukses mencetak brace alias dua gol untuk mengantar timnas Perancis meraih kemenangan 4-3.

Mbappe yang kala itu masih berusia 19 tahun sukses membuat pertahanan Argentina kocar-kacir lewat aksi solo run dari lini tengah sebelum dijatuhkan di kotak penalti.

Berbeda dari Mbappe, Messi kala itu tidak bisa berbuat banyak dan hanya mampu mencetak satu assist sehingga harus tertunduk kecewa pada akhir laga.

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved