Berita Aceh Tengah

Jamaah Shalat Jumat Keluhkan Air Macet dan Keruh untuk Wudhu di Masjid Agung Ruhama Takengon

Pada Jumat (6/1/2023), fasilitas air wudhu di Masjid Agung Ruhama Takengon kembali mengalami gangguan dan tidak mengalir sama seperti Jumat pekan lalu

Penulis: Romadani | Editor: Rizwan
TribunGayo.com/Romadani
Fasilitas tempat air wudhu tidak memiliki air dan air keruh dikeluhkan jamaah di Masjid Agung Ruhama Takengon. Jumat (6/1//2023) 

Laporan Romadani | Aceh Tengah 

TRIBUNGAYO.COM, TAKENGON - Bukan kali pertama, sering terjadi fasilitas air untuk wudhu di Masjid Agung Ruhama Takengon, Aceh Tengah mengalami gangguan. 

Jamaah shalat mengeluhkan air yang keruh dan kotor.

Pada Jumat (6/1/2023), fasilitas air wudhu di Masjid Agung Ruhama Takengon kembali mengalami gangguan dan tidak mengalir sama seperti Jumat pekan lalu.

Berbagai kalangan di Aceh Tengah berharap pemerintah Aceh Tengah serta pihak pengelola masjid segera menangani sehingga air di masjid kebanggaan masyarakat Gayo ini bisa kembali lancar dan jernih.

Masjid Agung Ruhama Takengon merupakan masjid Agung Kabupaten Aceh Tengah, menjadi ikon dan kebanggaan masyarakat di Takengon.

Pantauan TribunGayo.com, Jumat (6/1/2023) fasilitas tempat air untuk wudhu yang tampak baru itu tidak mengalir saat jamaah sehingga sangat dikeluhkabn jamaah Shalat Jumat. 

Baca juga: Ini Jadwal dan Lokasi Tes CAT PPS Pemilu 2024 di Aceh Tengah, Pendaftar Capai 3.000 Orang

Jamaah yang datang bergantian membuka keran dan siap-siap untuk berwudhu.

Namun, keran yang sudah dibuka tidak mengalirkan air.

Sejumlah keran terlihat meneteskan air satu persatu.

Para Jamaah pun terpaksa melakukan antrean di dalam satu tempat wudhu dalam bak air.

Bak penampungan air itu pun tak kehabisan air, bahkan sebagian jamaah terlihat keluar dari kompleks masjid untuk mencari masjid terdekat serta tempat bersuci di rumah terdekat. 

Kran yang dibuka oleh jamaah sering terjadi kekeringan.

Jamaah berharap agar fasilitas air wudhu cepat mengalir apalagi saat pelaksanaan Shalat Jumat banyak jamaah yang memilih masjid yang menjadi ikon Aceh Tengah itu.

Baca juga: Dinkes Aceh Tengah Lakukan Penyemprotan Disinfektan di Wilayah TPA Sampah

"Harapan kita segera diatasi sehingga tidak terus berlarut," ujar Agus, salah seorang jamaah.

Jamaah lainnya juga mengatakan permasalahan tersebut sangat disayangkan, karena mengganggu bagi jamaah yang akan berwudhu untuk menunaikan salat.

Namun hingga sore ini, upaya konfirmasi TribunGayo ke Badan Kemakmuran Masjid (BKM) dan pejabat Pemkab Aceh Tengah terkait keluhan air di masjid tersebut belum berhasil.(*)

Update berita lainnya di TribunGayo.com dan Google News

Ikuti kami di

AA
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved