Berita Aceh

Banjir Capai Tiga Meter Lebih, Santri dan Warga Pedalaman di Aceh Utara Terkurung

Santri di Kompleks Dayah Bustanul Muttaqin Desa Lubok Pusaka Kecamatan Langkahan, Aceh Utara terkurung dalam banjir dengan ketinggian air mencapai 3 m

Editor: Jafaruddin
For Tribungayo.com
Kompleks Dayah Darul Muttaqin di Desa Lubok Pusaka Kecamatan Langkahan Aceh Utara terendam banjir dengan ketinggian air mencapai 3 meter lebih, Minggu (22/1/2023) 

TRIBUNGAYO.COM,LHOKSUKON – Santri di Kompleks Dayah Bustanul Muttaqin Desa Lubok Pusaka Kecamatan Langkahan, Aceh Utara terkurung dalam banjir dengan ketinggian air mencapai tiga meter lebih.

Banjir di kawasan itu mulai terjadi pada Sabtu (21/1/2023) setelah kawasan Aceh Utara dan sekitarnya diguyur hujan deras.

Banjir kali ini juga terjadi beberapa kecamatan lain di Aceh Utara, seperti Matangkuli, Pirak Timu, Tanah Luas dan Lhoksukon.

Jumlah desa yang banyak terendam di Pirak Timu yaitu mencapai 14 dari 21 total desa di kecamatan itu.

Sedangkan untuk ketinggian saat ini berada di kawasan Desa Lubok Pusaka.

Baca juga: Tim HRD dan DPAC PKB Peusangan Salurkan Bantuan Tanggap Darurat Korban Banjir

Kondisi ini bukan hanya menyebabkan santri tidak bisa mengikuti proses belajar, tapi untuk mendirikan dapur umum juga kesulitan.

Balai pengajian, bilik santri, mushalla dan rumah pimpinan dayah dan bangunan lain dalam komleks itu terendam dengan ketinggian mencapai 2 meter lebih.

Dari video yang dikirim Pimpinan Dayah Bustanul Muttaqin Tgk Muslem yang diambil di atas perahu, ketinggian sudah mendekati atap bangunan seperti mushalla.

Bahkan untuk bilik santri ketinggian air sudah merendam sebagian atap.

“Banjir lagi, saya kirim videonya,” ujar Pimpinan Dayah Bustanul Muttaqin kepada TribunGayo.com, Minggu (22/1/2022).

Baca juga: Rumahnya Sering Banjir Kakek Ini Bangun Rumah Terapung dari Sampah, Kini Jadi Inspirasi

Sementara itu Kabag Humas Pemkab Aceh Utara Muslem Araly kepada menyebutkan, untuk data sementara sudah puluhan desa dari beberapa kecamatan yang terendam banjir.

Di antaranya, di Kecamatan Pirak Timu, 14 desa yang terendam, kemudian di Kecamatan Tanah Luas ada desa yang terendam banjir, kemudian di Kecamatan Samudera satu desa.

“Akibat meluapnya air sungai Krueng Keureuto dan Krueng pirak mengakibatkan musibah banjir,” ujar Kabag Humas Pemkab Aceh Utara.

Sebagian jalan dalam Kecamatan Pirak Timu tidak bisa dilewati dengan ketinggian air kurang lebih 50 sampai 75 sentimeter.

Informasi yang dari Camat Langkahan juga menyebutkan banjir di Desa Lubok Pusaka yang terjadi pada 21 Januari 2023, mengakibatkan warga sudah terkurung di Dayah Darul Muttaqin dan di Dusun Sarah Raja.

Baca juga: Banjir Meluas di Aceh Utara, Warga Mengungsi 6.385 Jiwa

“Saat ini kami lagi dalam pendataan jumlah KK dan jiwa juga lagi berusaha untuk membuka dapur umum,” ujar Kabag Humas mengutip laporan camat. (*)   

 

Update berita lainnya di TribunGayo.com dan GoogleNews

  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved