Berita Bener Meriah

Petani Muda di Bener Meriah Sukses Budidaya Markisa Madu

Seorang pemuda di Kampung Kepies Kecamatan Permata Zakaria (29) sukses mengembangkan usahanya di bidang budidaya tanaman buah markisa madu.

Penulis: Bustami | Editor: Rizwan
TribunGayo/Bustami
Zakaria, petani muda di Kampung Kepies, Bener Meriah sedang mengurusi tanaman markisa madu, Minggu (22/1/2023). 

Laporan Bustami I Bener Meriah 

TRIBUNGAYO.COM, REDELONG - Bermodal Rp 20 juta, seorang pemuda di Kampung Kepies Kecamatan Permata Zakaria (29) sukses mengembangkan usahanya di bidang budidaya tanaman buah markisa madu.

Budidaya tanaman buah markisa madunya itu ditanami Zakaria di lahan seluas 913 meter dan sukses raup keuntungan hingga jutaan rupiah.

Berdasarkan amatan TribunGayo.com pada Minggu (22/1/2023) budidaya buah markisah yang di tekuninya petani muda Kampung Kepies ini ditanami dengan cara tumpang sari.

Yakni di atas tanaman pohon kopi dengan menggunakan rangka baja.

Sehingga mampu menahan buah markisah tersebut dalam jumlah banyak, kemudian proses panenya pun menjadi lebih mudah.

"Budidaya buah markisa ini sudah saya lakuni selama 1 tahun terakhir dengan bermodal uang Rp 20 juta dan prospeknya sekali panen cukup menguntungkan," ujar Zakaria.

Menurutnya prospek budidaya buah markisah tersebut cukup menguntungkan dan proses pemeliharaannya pun cukup mudah dalam sebulan bisa 2-4 kali panen.

Baca juga: Selama Dua Hari Hujan Deras, Longsor terjadi di Empat Kecamatan Bener Meriah, Jalan Lumpuh Total

"Dalam sekali panen dengan luas lahan tidak lebih dua rantai ini mampu menghasilkan buah 300 hingga 400 kilogram, dengan pasaran harga per kilogram Rp 20.000," ungkap Zakaria.

Dikatakan Zakaria membudidayakan tanaman markisa ini cukup mudah, tidak serta merta harus mempunyai lahan khusus, tanaman ini sifatnya menjalar, di atas pohon sekali pun bisa di budidayakan.

"Contoh di tempat kita di bawah rangka yang baja ini saya juga bisa menanami tanaman kopi dan buah buah stroberi dan itu tidak mengganggu bagi tanaman markisa," kata Zakaria

Ia mengatakan buah markisah madu termasuk buah yang dikonsumsi di bagian bijinya selain itu buah tersebut juga mempunyai rasa yang khas, dengan cita rasa asam berpadu manis yang menyegarkan. 

Kabarnya juga kandungan buah markisa ini memiliki banyak kandungan nutrisi yang penting bagi tubuh, diantaranya kaya akan vitamin C dan antioksidan. 

Oleh karena itu, ia mengajak pemuda khususnya di Kabupaten Bener Meriah, untuk sama-sama membudidayakan tanaman buah markisah tersebut.

Karena, selain mempunyai kandungan nutrisi bagi tubuh juga mempunyai daya jual yang lumayan tinggi, dan bisnis tanaman ini juga menjanjikan di Bener Meriah selain tanaman kopi yang memang sudah menjadi komoditas andalan," ungkapnya.(*)

Update berita lainnya di TribunGayo.com dan Google News

Baca juga: Kok Bisa Naik? Ini Penjelasan Kemenag RI Soal Biaya Perjalanan Ibadah Haji Tahun 2023

  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved