Wisata

Wisata Gayo Lues, Minum Kopi di Kebun Sampai Menikmati Deras Sungai Agusen dengan Arung Jeram

Wisata Gayo Lues juga terdapat destinasi Arung Jeram Sungai Agusen yang berada di Desa Agusen di Kecamatan Blangkejeren.

Penulis: Rasidan | Editor: Jafaruddin
TRIBUNGAYO.COM/RASIDAN
Wisatawan menikmati wisata arung jeram di Sungai Agusen Kecamatan Blangkejeren Kabupaten Gayo Lues 

Laporan Rasidan I Gayo Lues 

TRIBUN GAYO.COM, GAYO LUES – Wisata Gayo Lues juga terdapat destinasi Arung Jeram di Sungai Agusen yang berada di Desa Agusen Kecamatan Blangkejeren.

Desa ini berada yang paling ujung dari pusat kotanya.

Selama ini banyak para pengunjung yang mencoba uji nyali mengunakan perahu karet menikmati derasnya arus Sungai Agusen yang mengalir hingga ke Kutacane Aceh Tenggara.

Sungai Agusen bukan hanya dengan arung jeramnya dengan air yang sangat jernih , tapi destinasi ini juga dikenal sebagai lokasi untuk melepas penat sambil minum kopi di kebun kopi.

Baca juga: Wisata Aceh Tenggara, Masjid Agung At Taqwa Kutacane Lebih Megah Lagi pada Malam Hari

Informasi yang dihimpun TribunGayo.com, Selasa (27/9/2022), para pengunjung yang akan menyeberang Sungai Agusen tersebut, harus melintasi jembatan gantung yang panjangnya mencapai sekitar 60 meter lebih.

Para pengunjung dan wisatawan yang sudah berada di seberang sungai, dapat menikmati kopi di pondok yang berada dalam kebun kopi tersebut.

Bahkan tidak sedikit setelah menikmati alam dan kopinya Agusen, para pengunjung dan wisatawan itu memilih untuk mandi sepuasnya di sungai dengan mengunakan ban bekas. 

Rute sepanjang 1,5 kilometer yang dilalui dengan menyewa perahu karet seharga Rp 50 ribu untuk kapasitas 8 orang penumpang.

Baca juga: Wisata Gayo Lues, Lima Daya Tarik Air Terjun Kolam Biru Rerebe, Serunya Bermain Selancar Air

"Objek wisata Agusen sangat berbeda dengan objek wisata lainnya," sebut Pengulu Desa Agusen Ramadhan kepada TribunGayo.com.

Untuk Gayo Lues Wisata arung jeram hanya ada di Sungai Agusen.

Kepala Dinas Pariwisata Gayo Lues Irsan Firdaus mengakui, Sungai Agusen ini sangat cocok untuk menjadi objek perlombaan arung jeram baik tingkat kabupaten dan Provinsi Aceh, bahkan tingkat nasional.

Karena rute dan medannya yang menantang dan menakjubkan, dibandingkan dengan daerah aliran sungai lainnya yang ada di provinsi Aceh.

Baca juga: Wisata Aceh Tengah, Paya Ilang Surganya Pasar Sayur dan Buah Segar di Takengon

Terlebih lagi kata Irsan,  pengunjung selain bisa menikmati wisata arung jeram di sungai Agusen, juga dapat menikmati  Kopi Agusen dan keindahan alam yang persis berada di lereng dan di kaki taman Nasional Gunung Leuser tersebut.(*)

  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved